Lomba Karya Tulis Ilmiah
  • Peserta merupakan siswa (i) tingkat SMA/SMK/MA/Sederajat se Kabupaten Banggai.
  • Setiap peserta hanya diperbolehkan mengirimkan 1 naskah.
  • Karya bersifat asli karya sendiri dengan dibuktikan surat pernyataan bermaterai 10.000.
  • Karya yang dilombakan berlum pernah dipublikasikan dan tidak sedang di ikutsertakan dalam lomba yang serupa.
  • Karya sepenuhnya menggunakan ejaan Bahasa Indonesia yang mengacu PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia). 
  • Peserta wajib mengisi formulir pendaftaran dan membuat surat pernyataan keaslian karya sebagaimana pada poin di atas.
  • Surat pernyataan, Kartu pelajar, soft file abstrak dan full paper dikirim di WA: 081244190231 (an. Siti Aisyah atau ke email marjunositiaisyah@gmail.com)
  • Apabila ada kecurangan yang ditemukan panitia baik sebelum, selama ataupun setelah kompetisi berlangsung maka peserta yang bersangkutan dinyatakan gugur.
  • Petunjuk teknis penulisan karya tulis ilmiah;
    Naskah diketik dengan spasi 1.5 pada kertas berukuran A4 Dengan Font Times New Roman.
    Aturan margins: 4 cm dari samping kiri, c cm dari samping kanan, 4 cm dari batas atas, dan 3 cmdari batas bawah.
    Pengetikan paragraph; Alinea mengikuti aturan Bahasa Indonesia.
    Abstrak ditulis 150-250 kata.
    Naskah, mulai dari pendahuluan sampai dengan kesimpulan saran, ditulis minimal 10 dan maksimal 20 halaman.
    Jumlah halaman yang tidak sesuai dengan ketentuan jumlah halaman tersebut dapat mengurangi penilaian.
    Judul karya tulis diketik menggunakan huruf besar (Kapital) dan cetak tebal dengan posisi di Tengah tanpa digaris bawahi.
    Penomoran halaman menggunakan angka latin (1,2,3, dst) dengan posisi di Tengah bawah.
    Bahasa Indonesia yang digunakan hendaknya baku dengan tata Bahasa dan ejaan yang mengacu pada PUEBI. Sederhana, jelas, satu kesatuan, mengutamakan istilah yang dimengerti. Tidak menggunakan singkatan “tdk”, “tsb”, “yg”, “dng”, “sbb”, “dll”.
  • Sistematika penulisan karya mengacu pada format penulisan artikel jurnal dengan ketentuan sebagai berikut;
    1.         Judul
    2.         Nama penulis
    3.         Asal Sekolah
    4.         E-mail Penulis
    5.         Pendahuluan
    6.         Latar belakang
    7.         Tujuan penulisan
    8.         Manfaat penulisan
    9.         Batasan masalah
    10.    Metode penelitian
    11.    Pembahasan
    12.    Tinjaun Pustaka
    13.    Hasil penelitian
    14.    Penutupan
    15.    Kesimpulan
    16.    Saran
    17.  Daftar Pustaka
    18.  Biografi singkat penulis (CV), berupa narasi terdiri dan maksimal 150 kata. Berisi: Nama Lengkap, Tempat Tanggal Lahir, No. Telp dan E-mail, Alamat lengkap, prestasi yang di raih (jika ada), dan karya ilmiah maupun non-ilmiah (Fiksi) yang di hasilakn jika ada.
    19.   Lampiran (jika ada) yang berisi foto/dokumentasi data dan informasi lainnya yang mendukung isi tulisan
  • Seleksi dan kriteria penilaian;
  • Panitia bersama tim juri akan melakukan seleksi dan menetapkan 13 karya terbaik yang akan mempresentasikan karyanya di depan tim juri pada tanggal 24 November 2023.
  • Pengumuman 13 Karya terbaik melalui website dan media sosial FKIP Unismuh Luwuk.
  • Keriteria penilaian meliputi;
    - Kebermanfaatan/kontribusi
    - Kreativitas dan inovasi dalam memilih topik gagasan
    - Pemilihan metode
    - Data dan sumber
    - Pembahasan dan kesimpulan
    - Sistematika penulisan dan format karya
  • Waktu kegiatan sewaktu-waktu dapat berubah.
  • Cp: FIRGA (085394971438)